JUDUL BUKU
Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning
PENULIS
Dr. Dra. Sujinah, M.Pd.
SAMPUL DEPAN
ABSTRAK
Filosofi kami “Sekecil apa pun keberhasilan yang dicapai oleh peserta didik, harus dihargai karena setiap peserta didik kompetensinya tidak sama.”
Buku ini disusun dalam rangka memberikan bahan ajar kepada mahasiswa atau bahan pengayaan bagi pendidik yang ingin meng-update/mereviuw kompetensi pedagogiknya. Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas yang harus dilaksanakan/disiapkan sebelum ada tindakan proses pembelajaran agar tindakan/usaha yang dilakukan berhasil dan berkualitas. Kompetensi pedagogik ini merupakan kewajiban pendidik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Dalam UURI tersebut khususnya pasal 20 ayat (a) disebutkan bahwa “dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran”.
Menjadi pendidik bukanlah pekerjaan yang mudah karena setiap awal pembelajaran harus menyiapkan desain pembelajaran yang sudah disiapkan dalam perencanaan pembelajaran. Sudah disiapkan saja belum menjamin proses pembelajaran berhasil dan bermutu, apalagi kalau tidak disiapkan. Untuk itulah buku ini disajikan, agar pendidik semakin matang dan kaya pengetahuan yang berhubungan dengan seluk beluk perencanaan pembelajaran.
ISBN: 978-602-50356-0-9
PENERBIT: Al-Maidah Press
HARGA: Rp. 20.000 (eBook PDF)
DAFTAR ISI
Bab 1 Pendekatan Sistem
1.1 Pendahuluan
1.2 Manfaat Pendekatan Sistem dalam Pendidikan
1.3 Konsep Dasar Sistem
1.4 Tujuan Sistem
1.5 Fungsi Sistem
1.6 Komponen Sistem
1.7 Kriteria dan Variabel yang Memengaruhi Sistem Pembelajaran
1.8 Proses Transformasi
1.9 Manfaat Pendekatan Sistem dalam Pembelajaran
Bab 2 Hakikat Perencanaan Pembelajaran
2.1 Pengertian Perencanaan Pembelajaran
2.2 Pentingnya Perencanaan Pembelajaran
2.3 Manfaat dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
2.4 Kriteria Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
2.5 Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
Bab 3 Model Perencanaan Pembelajaran
3.1 Perencanaan Pengajaran Versi PBTE
3.2 Perencanaan Pembelajaran Sistemik
3.3 Perencanaan Pengajaran Model Davis
3.4 Mendesain Pembelajaran Menurut Dick and Carrey
3.5 Model IDI
3.6 Model KEMP
3.7 Model PPSI
Bab 4 Rancangan Pengajaran Bahasa
4.1 Pengajaran Bahasa sebagai Suatu Sistem
4.2 Ilmu Bahasa dan Ilmu Pengajaran Bahasa
4.3 Perkembangan Bahasa Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Rancangan Pengajaran Bahasa
4.4 Memahami Fungsi Bahasa sebagai Landasan Berpijak
4.5 Masalah Kedwibahasaan dalam Pengajaran Bahasa
Bab 5 Merancang Analisis Kebutuhan
5.1 Analisis Kebutuhan
5.2 Langkah-Langkah Analisis Kebutuhan
5.3 Tahapan Identifikasi Kesenjangan
5.4 Sumber Analisis Kebutuhan
5.5 Pengembangan Kompetensi sebagai Tujuan Pembelajaran
5.6 Pengembangan Materi Pembelajaran
5.7 Pengembangan Pengalaman Belajar
5.8 Strategi dan Metode Pembelajaran
Bab 6 Strategi Pengajaran Dan Media Pengajaran
6.1 Pengajaran Ekspositif (Expositive Classroom Instruction)
6.2 Pengajaran Discovery dalam Kelas
6.3 Teknik Pengajaran Kelompok Kecil
6.4 Sistem Belajar Siswa Terbimbing
6.5 Sistem Belajar Berdasarkan Sumber (SBBS)
6.6 Metode Instruksi Sendiri Dengan Program (Programmed Self-Instructional Methods)
6.7 Metode Latihan dalam Industri (MLDI) (Training Within Industry)
6.8 Teknik Simulasi
6.9 Metode Studi Kasus
6.10 Metode Bermain Peranan
6.11 Media Pengajaran
Bab 7 Pengembangan Media dan Sumber Belajar
7.1 Pentingnya Mengembangkan Media Pembelajaran
7.2 Pengertian Media Pembelajaran
7.3 Proses Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi
7.4 Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
7.5 Karakteristik Beberapa Media Pembelajaran
7.6 Prinsip-Prinsip Pemilihan Dan Penggunaan Media
7.7 Pemanfaatan Sumber Belajar
TENTANG PENULIS
Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. adalah Lektor Kepala di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia. Lahir di Balikpapan, 30 Januari 1965. Sarjana Pendidikan diperoleh dari IKIP Surabaya, 1989. Magister Pendidikan diperoleh di Universitas Negeri Surabaya, 2002. Program Doktor di bidang Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya, 2011.
Beliau mengajar Perencanaan Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia, Penulisan Karya ilmiah, Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar, Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia, Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Keterampilan Berbicara, Strategi Pembelajaran, Bahasa Indonesia Akademik. Buku yang pernah ditulis adalah Buku Panduan Guru: Bahan Ajar Pembelajaran Tematik SD/MI Kelas 1 2004, Model Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Siswa Cerdas Istimewa 2011, Panduan Penulisan Tesis dan Artikel Ilmiah 2014, Menjadi Pembicara Terampil 2017.
Selain itu juga penulis aktif di program penelitian dan pengabdian pada masyarakat baik yang dibiayai oleh kemenristek dikti ataupun pembiayaan lainnya. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Universitas Muhammadiyah Surabaya.
SAMPUL BELAKANG
Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning
PENULIS
Dr. Dra. Sujinah, M.Pd.
SAMPUL DEPAN
ABSTRAK
Filosofi kami “Sekecil apa pun keberhasilan yang dicapai oleh peserta didik, harus dihargai karena setiap peserta didik kompetensinya tidak sama.”
Buku ini disusun dalam rangka memberikan bahan ajar kepada mahasiswa atau bahan pengayaan bagi pendidik yang ingin meng-update/mereviuw kompetensi pedagogiknya. Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas yang harus dilaksanakan/disiapkan sebelum ada tindakan proses pembelajaran agar tindakan/usaha yang dilakukan berhasil dan berkualitas. Kompetensi pedagogik ini merupakan kewajiban pendidik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Dalam UURI tersebut khususnya pasal 20 ayat (a) disebutkan bahwa “dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran”.
Menjadi pendidik bukanlah pekerjaan yang mudah karena setiap awal pembelajaran harus menyiapkan desain pembelajaran yang sudah disiapkan dalam perencanaan pembelajaran. Sudah disiapkan saja belum menjamin proses pembelajaran berhasil dan bermutu, apalagi kalau tidak disiapkan. Untuk itulah buku ini disajikan, agar pendidik semakin matang dan kaya pengetahuan yang berhubungan dengan seluk beluk perencanaan pembelajaran.
ISBN: 978-602-50356-0-9
PENERBIT: Al-Maidah Press
HARGA: Rp. 20.000 (eBook PDF)
DAFTAR ISI
Bab 1 Pendekatan Sistem
1.1 Pendahuluan
1.2 Manfaat Pendekatan Sistem dalam Pendidikan
1.3 Konsep Dasar Sistem
1.4 Tujuan Sistem
1.5 Fungsi Sistem
1.6 Komponen Sistem
1.7 Kriteria dan Variabel yang Memengaruhi Sistem Pembelajaran
1.8 Proses Transformasi
1.9 Manfaat Pendekatan Sistem dalam Pembelajaran
Bab 2 Hakikat Perencanaan Pembelajaran
2.1 Pengertian Perencanaan Pembelajaran
2.2 Pentingnya Perencanaan Pembelajaran
2.3 Manfaat dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
2.4 Kriteria Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
2.5 Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
Bab 3 Model Perencanaan Pembelajaran
3.1 Perencanaan Pengajaran Versi PBTE
3.2 Perencanaan Pembelajaran Sistemik
3.3 Perencanaan Pengajaran Model Davis
3.4 Mendesain Pembelajaran Menurut Dick and Carrey
3.5 Model IDI
3.6 Model KEMP
3.7 Model PPSI
Bab 4 Rancangan Pengajaran Bahasa
4.1 Pengajaran Bahasa sebagai Suatu Sistem
4.2 Ilmu Bahasa dan Ilmu Pengajaran Bahasa
4.3 Perkembangan Bahasa Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Rancangan Pengajaran Bahasa
4.4 Memahami Fungsi Bahasa sebagai Landasan Berpijak
4.5 Masalah Kedwibahasaan dalam Pengajaran Bahasa
Bab 5 Merancang Analisis Kebutuhan
5.1 Analisis Kebutuhan
5.2 Langkah-Langkah Analisis Kebutuhan
5.3 Tahapan Identifikasi Kesenjangan
5.4 Sumber Analisis Kebutuhan
5.5 Pengembangan Kompetensi sebagai Tujuan Pembelajaran
5.6 Pengembangan Materi Pembelajaran
5.7 Pengembangan Pengalaman Belajar
5.8 Strategi dan Metode Pembelajaran
Bab 6 Strategi Pengajaran Dan Media Pengajaran
6.1 Pengajaran Ekspositif (Expositive Classroom Instruction)
6.2 Pengajaran Discovery dalam Kelas
6.3 Teknik Pengajaran Kelompok Kecil
6.4 Sistem Belajar Siswa Terbimbing
6.5 Sistem Belajar Berdasarkan Sumber (SBBS)
6.6 Metode Instruksi Sendiri Dengan Program (Programmed Self-Instructional Methods)
6.7 Metode Latihan dalam Industri (MLDI) (Training Within Industry)
6.8 Teknik Simulasi
6.9 Metode Studi Kasus
6.10 Metode Bermain Peranan
6.11 Media Pengajaran
Bab 7 Pengembangan Media dan Sumber Belajar
7.1 Pentingnya Mengembangkan Media Pembelajaran
7.2 Pengertian Media Pembelajaran
7.3 Proses Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi
7.4 Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
7.5 Karakteristik Beberapa Media Pembelajaran
7.6 Prinsip-Prinsip Pemilihan Dan Penggunaan Media
7.7 Pemanfaatan Sumber Belajar
TENTANG PENULIS
Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. adalah Lektor Kepala di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia. Lahir di Balikpapan, 30 Januari 1965. Sarjana Pendidikan diperoleh dari IKIP Surabaya, 1989. Magister Pendidikan diperoleh di Universitas Negeri Surabaya, 2002. Program Doktor di bidang Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya, 2011.
Beliau mengajar Perencanaan Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia, Penulisan Karya ilmiah, Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar, Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia, Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Keterampilan Berbicara, Strategi Pembelajaran, Bahasa Indonesia Akademik. Buku yang pernah ditulis adalah Buku Panduan Guru: Bahan Ajar Pembelajaran Tematik SD/MI Kelas 1 2004, Model Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Siswa Cerdas Istimewa 2011, Panduan Penulisan Tesis dan Artikel Ilmiah 2014, Menjadi Pembicara Terampil 2017.
Selain itu juga penulis aktif di program penelitian dan pengabdian pada masyarakat baik yang dibiayai oleh kemenristek dikti ataupun pembiayaan lainnya. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Universitas Muhammadiyah Surabaya.
SAMPUL BELAKANG
Komentar
Posting Komentar