Langsung ke konten utama

Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual

JUDUL BUKU

Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual

PENULIS 

  • Yusuf Bilfaqih
  • Abdullah Alkaff
  • Rusdhianto Effendi A.K.
  • Mochamad Sahal
  • Zulkifli Hidayat
  • Nurlita Gamayanti


SAMPUL DEPAN


KATA PENGANTAR

Laboratorium Teknik Pengaturan memfasilitasi Praktikum dari Rumah melalui pengembangan Eksperimen Berjarak dengan memanfaatkan teknologi IoT (internet of things). Saat Praktikum dari Rumah, mahasiswa dapat melakukan eksperimen menggunakan Plant Real yang ada di Laboratorium. Sementara itu, Praktikum di Rumah difasilitasi oleh Laboratorium Sistem dan Sibernetika melalui pengembangan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual. Langkah awalnya adalah membuat Plant Virtual dari Plant Real yang ada di laboratorium dan di industri. Kemudian, dikembangkan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual tersebut. Jadi, saat Praktikum di Rumah, mahasiswa dapat melakukan simulasi dan eksperimen tidak hanya pada Plant yang ada di Laboratorium namun juga beragam Plant yang ada di Industri. Praktikum di Rumah dapat dilakukan secara daring maupun luring dengan menyediakan dan menyiapkan simulatornya secara daring atau luring.

Buku ini menyajikan kumpulan modul percobaan untuk Praktikum di Rumah Sistem Pengaturan Digital berbasis Plant Virtual. Setiap modul percobaan ditulis secara sistematis menerapkan pembelajaran eksperiensial untuk memberikan pengalaman belajar yang utuh dalam kondisi yang serba terbatas. Sebagai pendamping buku ini, tersedia laman web Mata Kuliah Laboratorium Pengaturan Digital dan Otomasi yang dapat diakses di MyITSClassroom. Melalui laman web tersebut, mahasiswa seolah mendapat Pengalaman Real dengan menyimak Video dan narasi tentang Plant Real. Panduan dan Tugas Pendahuluan pada tiap percobaan memberikan dan melatih kemampuan Abstraksi/Konseptualisasi berdasar hasil Observasi dan Refleksi dari pengalaman real tersebut. Kemudian, simulator yang ada menyediakan pengalaman belajar melalui Eksperimentasi Aktif pada Plant Virtual. Pada akhirnya, mahasiswa dapat menganalisis data hasil eksperimen dan menyimpulkan serta melakukan Interpretasi ke dalam aplikasi real yang terkait.

Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi contoh PT lain atau PT lain dapat juga mengadopsi dan mengadaptasikan Modul Percobaan yang sudah dibuat ini untuk percobaan praktikum di lingkungan masing-masing.

ISBN: 978-602-50356-3-0

PENERBIT: Al-Maidah Press

HARGA: Rp. 15.000 (eBook PDF), Rp. 100.000 (Versi Cetak)

DAFTAR ISI

  • PERSIAPAN PRAKTIKUM
  • PERCOBAAN 1 ROLLING MILL CONTROL
  • PERCOBAAN 2 INVERTED PENDULUM
  • PERCOBAAN 3 CONTINUOUS CASTING
  • PERCOBAAN 4 BALL AND BEAM CONTROL
  • PERCOBAAN 5 PH CONTROL
  • PERCOBAAN 6 SHAPE CONTROL
  • PERCOBAAN 7 TANK LEVEL
  • PERCOBAAN 8 DISTILLATION COLUMN CONTROL

PEMESANAN BUKU

M. Nur Qomarudin (0858 5034 2865)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning

JUDUL BUKU Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning PENULIS Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. SAMPUL DEPAN ABSTRAK Filosofi kami “Sekecil apa pun keberhasilan yang dicapai oleh peserta didik, harus dihargai karena setiap peserta didik kompetensinya tidak sama.” Buku ini disusun dalam rangka memberikan bahan ajar kepada mahasiswa atau bahan pengayaan bagi pendidik yang ingin meng-update/mereviuw kompetensi pedagogiknya. Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas yang harus dilaksanakan/disiapkan sebelum ada tindakan proses pembelajaran agar tindakan/usaha yang dilakukan berhasil dan berkualitas. Kompetensi pedagogik ini merupakan kewajiban pendidik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Dalam UURI tersebut khususnya pasal 20 ayat (a) disebutkan bahwa “dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan menge

Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur

JUDUL BUKU Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur PENULIS   Dr. Syamsul Arifin Prof. Aulia Siti Aisjah SAMPUL DEPAN SAMPUL BELAKANG KATA PENGANTAR Buku kecil ini adalah catatan yang saya buat selama kurang lebih satu tahun, sebagai refleksi rasa kecemasan, kekhawatiran dan keingintahuan dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi panggilan Allah SWT. untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, yang telah saya laksanakan bersama istri pada musim haji tahun 1426 H / 2006 M dan tahun 1436H / 2015 M. Saya sadar betul bahwa melaksanakan ibadah haji adalah sebuah perjuangan yang harus dibekali dengan taqwa, ilmu, serta harta, semata untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Saya yakin di Rumah Allah (Baitullah) ini, banyak sekali pengunjung, yang berbeda bangsa, berbeda budaya dan dengan segala macam kepentingannya, maka tidak menutup kemungkinan saling berbenturan kepentingan, bahkan saya yakin setan dan iblis pun bergentayangan di sekitarnya, dan berusaha