Langsung ke konten utama

Literasi dan Kearifan Lokal untuk Anak: Penumbuhan Budi Pekerti

JUDUL BUKU
Literasi dan Kearifan Lokal untuk Anak: Penumbuhan Budi Pekerti

PENULIS 

Dr. Dra. Sujinah, M.Pd.

Dr. Drs. Ali Nuke Affandy, S.E., M.Si.

Dr. M. Arfan Mu'ammar, M.Pd.I.


SAMPUL DEPAN


SAMPUL BELAKANG


KATA PENGANTAR

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi tidak semua orang mau mengakui kesalahannya. Hal-hal sederhana tetapi berat yaitu meminta maaf, apabila tidak sejak usia dini dibiasakan/ ditanamkan pasti akan berat nantinya untuk melakukannya. Oleh karena budi pekerti perlu ditumbuhkan sejak dini. Theodore Roosevelt mengatakan “to educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman marabahaya bagi masyarakat. Salah satu media untuk penumbuhan budi pekerti yakni melalui budaya literasi.

Literasi sudah menjadi istilah yang familiar di masyarakat. Namun tidak semua orang memahami makna dan definisi literasi secara jelas. Sebab literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan, dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang. Bagi pembaca yang ingin mendalami makna literasi lebh jauh, silakan membaca buku kecil ini supaya tidak salah konsep.

Buku ini juga membicarakan bahwa penumbuhan budi pekerti dapat dilakukan melalui literasi bermacam-macam, antara lain literasi fiksi yang meliputi cerpen anak atau cerita anak, dongeng, permainan kata, dan permainan tradisional. Melalui permainan tradisional yaitu engklek dan gobak sodor budi pekerti anak dapat dimunculkan. Selain itu, penumbuhan budi pekerti juga dapat ditumbuhkan melalui penerapan keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Melalui tahapan-tahapan pada setiap keterampilan berbahasa tersebut sikap/budi pekerti dapat dibiasakan.

Buku ini juga memuat tentang konsep kearifan lokal (lokal wisdom)/ecoliterasi, dengan harapan pembaca setelah mencermati buku ini dapat menarik benang merah, yakni bahwa penumbuhan budi pekerti dilakukan sejak dini/ sejak anak-anak dengan salah satu caranya melalui literasi. Literasi yang ditawarkan adalah literasi fiksi, permainan, lagu, dan keterampilan berbahasa yang kontennya kearifan lokal. Dengan tujuan agar anak Indonesia menjadi anak yang berbudi luhur berdasarkan Pancasila yang sejati.

Tidak ada gading yang tidak retak. Masukan yang membangun sangat kami harapan dari pembaca, demi kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat baik bagi pembaca maupun kepada penulis khususnya. Aamiin ya Rabbal allamin.

ISBN: 978-6025-035-616

PENERBIT: Al-Maidah Press

HARGA: Rp. 15.000 (eBook PDF)

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENGANTAR LITERASI

1.1 Pendahuluan

1.2 Pengertian Literasi

1.3 Perkembangan Literasi

1.4 Jenis Literasi

1.5 Literasi dan Pendidikan

1.6 Literasi Fiksi

1.7 Gerakan Literasi Sekolah

1.8 Pentingnya Gerakan Literasi

1.9 Pentingnya Pendidikan Literasi untuk Anak Usia Dini

BAB 2 LITERASI SASTRA ANAK

2.1 Literasi Awal untuk Anak

2.2 Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan

2.3 Perkembangan Moral

2.4 Perkembangan Emosional dan Personal

2.5 Perkembangan Bahasa

2.6 Pertumbuhan Konsep Cerita

2.7 Bentuk Kegiatan dalam Upaya Melestarikan Literasi Anak

2.8 Cerpen

2.8.1 Unsur-Unsur Pembangun Cerpen

2.8.2 Menulis Cerpen

2.9 Dongeng

2.10 Permainan Berbasis Literasi

2.10.1 Permainan Kata

2.10.2 Taplak Gunung/Engklek

2.10.3 Gobak Sodor

2.11 Lagu Anak sebagai Literasi

BAB 3 GERAKAN LITERASI UNTUK PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

3.1 Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Literasi Berbahasa

BAB 4 KEARIFAN LOKAL

4.1 Konsep Kearifan Lokal

4.2 Wujud Kearifan Lokal

BAB 5 PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

5.1 Pengertian Penumbuhan Budi Pekerti

5.2 Ruang Lingkup Budi Pekerti

5.3 Unsur-Unsur Penumbuhan Budi Pekerti

5.4 Cara-Cara Penumbuhan Budi Pekerti

5.5 Nilai dan Manfaat Permainan Tradisional

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR INDEKS

BIODATA PENULIS


TENTANG PENULIS

Dr. Dra. Sujinah, M.Pd., peneliti ini lahir di Balikpapan, 30 Januari 1965, pendidikan formal semua di institusi pendidikan milik pemerintah/ negeri. Pendidikan SD, SMP, dan SPG (Sekolah Pendidikan Guru) ditempuh di kota tahu Kediri Jawa Timur. Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ditempuh di IKIP Surabaya (1984-1989), S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra di tempat yang sama tetapi sudah ganti nama UNESA (2000-2002) lulus dengan predikat clumlaude, S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra di UNESA (2007-2011). Orangnya konsisten dan istiqomah, tampak dari program studi yang ditempuhnya linear dan semua biaya studinya mulai di SPG hingga S3 dengan beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia.

Sejak 1990 hingga sekarang ia menjadi pendidik di Universitas Muhammadiyah Surabaya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidik (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, serta menjadi dosen luar biasa (LB) di ITS di UPT SOSHUM  mata kuliah MKU Bahasa Indonesia (2005 – sekarang).  

Sebagai kepeduliannya di dunia tulis menulis, ia sekarang sedang mengelola di tiga jurnal yang semuanya OJS yaitu Lingua Franca jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya sebagai penyunting utama (Universitas Muhammadiyah Surabaya), BASTRA Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra sebagai penyunting pendamping (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Bahasa dan Sastra), dan AKSIOLOGIYA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat sebagai penyunting utama (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surabaya)

Buku yang pernah ditulis antara lain Panduan Guru: Bahan Ajar Pembelajaran Tematik SD/MI Kelas 1 (Surabaya: UMSurabaya Press, 2004); Model Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Siswa Cerdas Istimewa (Surabaya: PMN, 2011);  Pedoman Penulisan Tesis dan Atikel Ilmiah (Surabaya: UMSurabaya Pres, 2015); Menjadi Pembicara Terampil (Yogyakarta: deepublish, 2017); Bahasa Indonesia dan Wawasan Kebangsaan (Surabaya: UMSurabaya Publisher, 2017); Perencanaan Pembelajaran dan Student Centered Learning (Surabaya, Al-Maidah Press, 2017); dan  dalam proses editing buku dengan judul Literasi & Kearifan Lokal untuk Anak: Penumbuhan Budi Pekerti.

Tulisan yang lain ada di beberapa jurnal antara lain Model Pembelajaran  untuk Siswa Cerdas Istimewa di Jurnal Jembatan Merah, Balai Bahasa Prov Jawa Timur (Volume 7 Edisi Desember 2012); Model Pengembangan Kurikulum Siswa Cerdas Istimewa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, di Jurnal  Bahasa, Sastra, Seni, dan pengajarannya: terakreditasi nasional terbit (Tahun 40 Nomor 2 Agustus 2012; ISSN 0854-8277); Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UM Surabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw, di Jurnal Dikdatis (Vol 14, No 1 (2014) ISSN: 1412-5889); Meningkatkan Proses Belajar Mengajar yang Lebih Baik pada Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Lesson Study, di Jurnal Dikdatis (Vol 15, No. 2 (2015) ISSN: 1412-5889); Penguatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Student Center Learning (SCL) Di SDN Patemon IX Surabaya; di Jurnal Aksiologiya (Volume 1 No 1 Tahun 2016); Penerapan Student Centered Learning pada Pokok Bahasan Penulisan Proposal PKM Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; jurnal BASTRA (Vol 3 No 1 Juni 2016 ISSN 2356-1629); Development Lesson Material of Web Course Centric to Enforce Students’ Memory Store; Advanced Science Letters (ALS) jurnal internasional terindex scopus; ISSN: 1936-6612 (Print): EISSN: 1936-7317 (Online) aceepted September 2017; The Empowering Modelof Improvement of  MA Competitivenes through the Implementation of Credit Based on Curriculum; jurnal  Medwell Jounal terindeks scopus, ISSN 19936125, 18185800 aceepted 2017.

Dua karya e-learning yang sudah dihasilkan, yakni e-learning untuk Pembelajaran Teks Observasi SMP, dan e-learning web centric Course untuk Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Selain itu, kegiatan akademiknya dilakukan dalam bentuk menjadi narasumber di forum-forum pelatihan, misalnya pelatihan penulisan proposal kegiatan, pelatihan pembuatan soal terstandar, pelatihan penelitian tindakan kelas, dan pelatihan model-model pembelajaran. Jabatan dia sekarang sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surabaya periode 2017-2021.

Dr. Drs. Ali Nuke Affandy, S.E., M.Si., terlahir dari keluarga sederhana, tepatnya tanggal 19 Januari 1966 di sebuah kota kecil, Lamongan, Jawa Timur. Masa kecil dilalui di Desa Deket Kulon, Kec. Deket, Lamongan. Begitu juga ketika memasuki jenjang sekolah. Pendidikan sekolah Dasar di SDN Deket Kulon, dilanjutkan ke SMPN 2 dan SMAN 2 yang semuanya berada di Lamongan. Pendidikan S1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Surabaya (Unesa), S1 Managemen di Universitas Darul Ulum Lamongan, S2 Ilmu ilmu Sosial di Unair, dan S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra di Unesa.  Pada tahun 2000-an, penulis juga memiliki beberapa tulisan yang dimuat dalam harian Jawa Pos. Profesi yang pernah digeluti adalah sebagai guru pada beberapa SMA swasta di Lamongan dan Surabaya. Pernah juga bekerja pada sebuah perusahaan ekspor terkenal di Surabaya. Pilihan terakhir dan profesi yang sangat dicintai  mulai tahun 1992 sampai sekarang adalah menjadi seorang dosen di  FKIP dan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya. 

Dr. M. Arfan Mu’ammar, M.Pd.I., penulis buku ini lahir di Gresik, 03 November 1984, memulai pendidikan formal ditanah kelahirannya, kemudian merantau melanjutkan jenjang sekolah menengah di KMI Ponpes Gontor  1997-2003, dan melanjutkan S-1 masih di almamater yang sama yaitu di Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor 2003-2007, jenjang S-2 diselesaikan di Universitas Muhammadiyah Surabaya 2008-2010, dan jenjang S-3 diselesaikan di UIN Sunan Ampel Surabaya 2011-2015 dengan beasiswa Kementrian Agama RI tahun 2011. Sejak 2010 hingga sekarang ia menjadi pengajar di Universitas Muhammadiyah Surabaya di Fakultas Agama Islam (Pendidikan Agama Islam), dan di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, juga di Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya, serta di Institut Teknologi Adhitama Surabaya.

Sebagai intelektual, ia memiliki pengalaman dalam mengelola jurnal ilmiah diantaranya, Jurnal El-Tajdid Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jurnal El-Banat Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya, dan Jurnal Ta’dib ISID-Gontor pada tahun 2007.

Adapun beberapa tulisan yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku adalah: Studi Islam Perspektif Insider / Outsider, (Yogyakarta: IRCiSoD, 2012), Pendidikan Agama Islam; Untuk Perguruan Tinggi Umum, (Surabaya: ITATS Press, 2011), Filsafat Pendidikan; Refleksi Pemikiran John Dewey dan M. Athiyah Al-Abrasyi, (Surabaya: PT. Revka Media Pertama, 2010), Majukah Islam dengan Menjadi Sekuler? (Kasus Turki), (Gontor: CIOS Publishing, 2007).

Sedangkan beberapa tulisan yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah adalah: Internalisasi Konsep Ta’dib Al-Attas dalam Pengembangan Nilai dan Karakter Peserta Didik, (Jurnal Tsaqafah Vol. 9, No. 2, November 2013) (Jurnal Terakreditasi B), Religious Studies; Perspektif Insider/Outsider (Membaca Gagasan Kim Knott), (Jurnal El-Banat, STAI YPBWI Surabaya, Vol.2, No.1 2011), Perennialisme Pendidikan; Analisis Konsep Fisafat Perennial dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam, (Jurnal El-Tajdid, PPs MSI UM Surabaya, Vol.3, No.1 1430 H), Homeshooling dalam Perspektif Pendidikan Islam, (Jurnal El-Banat, STAI YPBWI Surabaya, Vol.1, No.1 Februari-Juli 2011), Gagasan Ivan Illich dalam Pendidikan (Telaah Kritis), (Jurnal Ta’dib, ISID-Gontor 2007).

Selain itu, kegiatan akademiknya dilakukan dalam bentuk menjadi narasumber diforum-forum ilmiah, baik nasional maupun internasional, diantaranya adalah: Seminar Nasional dengan Tema: Orientasi Program Pascasarjana PTM: Memperkuat Tradisi Riset dan Publikasi, di Palu-Sulawesi, 08 - 10 Mei 2015. Materi yang disampaikan: Tajdid Keagamaan; Fenomena Islam Puritan di Pesantren. Annual International Confrence on Islamic Studies “AICIS” di Balikpapan 22-24 November 2014. Materi yang disampaikan: Islam Puritan; Rekontruksi Puritanisme Keagamaan di Pesantren. Seminar Nasional on Soft Skill and Character Building di UM Surabaya, 2011. Materi yang disampaikan: Internalisasi Konsep Ta’dib dalam Pengembangan Nilai dan Karakter Peserta Didik; Refleksi Pemikiran S.M.N. Al-Attas.

Selain aktif menulis buku dan menjadi narasumber dibeberapa seminar, ia juga menjadi editor beberapa buku, diantaranya: Mengapa Barat Menjadi Sekuler-Liberal oleh “Adian Husaini”. Krisis Epistemologi dan Islamisasi Ilmu oleh “Adnin Armas”. Liberalisasi Pemikiran Keagamaan oleh “Hamid Fahmy Zarkasyi”. Bangunan Wacana Gender oleh “Mohammad Muslih”. Kritik Terhadap Sekularisme (Pandangan Yusuf Qardhawi) oleh “M. Syukri Ismail”. Profit Sharing Vs Interest oleh “M. Salim”. Materi PAI oleh “Moch Tolchah”.

Tidak hanya buku, media Koran maupun Radio juga menjadi sarananya dalam berdakwah dan berbagi ilmu, diantaranya: Wawancara dengan Republika, dimuat pada Jum’at, 08 Maret 2013, Kolom Dialog Juma’t, Laporan Utama, Tema: Berbusana Apik diruang Publik. Wawancara dengan Republika, dimuat pada Jum’at, 27 September 2013, Kolom Dialog Jumat Halaman 3. Tema: Didikan Materi yang Melenakan. Wawancara dengan Republika Online (ROL), dimuat pada Senin 28 April 2014, Kolom Khazanah Nusantara, Tema : Peringatan Dini dari Sang Khalik (bagian 2). Bisa dikunjungi di : http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/14/04/12/n3w7lh-peringatan-dini-sang-khalik-2habis. Narasumber di Radio Suara Muslim Surabaya 93.80 FM pada acara “Wawasan dan Spirit Kita” dengan Tema: Konfrensi Asia Afrika yang Terlupakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual

JUDUL BUKU Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual PENULIS   Yusuf Bilfaqih Abdullah Alkaff Rusdhianto Effendi A.K. Mochamad Sahal Zulkifli Hidayat Nurlita Gamayanti SAMPUL DEPAN KATA PENGANTAR Laboratorium Teknik Pengaturan memfasilitasi Praktikum dari Rumah melalui pengembangan Eksperimen Berjarak dengan memanfaatkan teknologi IoT (internet of things). Saat Praktikum dari Rumah, mahasiswa dapat melakukan eksperimen menggunakan Plant Real yang ada di Laboratorium. Sementara itu, Praktikum di Rumah difasilitasi oleh Laboratorium Sistem dan Sibernetika melalui pengembangan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual. Langkah awalnya adalah membuat Plant Virtual dari Plant Real yang ada di laboratorium dan di industri. Kemudian, dikembangkan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual tersebut. Jadi, saat Praktikum di Rumah, mahasiswa dapat melakukan simulasi dan eksperimen tidak hanya pada Plant yang ada di Laboratorium namun juga beragam Plant ya

Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning

JUDUL BUKU Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning PENULIS Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. SAMPUL DEPAN ABSTRAK Filosofi kami “Sekecil apa pun keberhasilan yang dicapai oleh peserta didik, harus dihargai karena setiap peserta didik kompetensinya tidak sama.” Buku ini disusun dalam rangka memberikan bahan ajar kepada mahasiswa atau bahan pengayaan bagi pendidik yang ingin meng-update/mereviuw kompetensi pedagogiknya. Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas yang harus dilaksanakan/disiapkan sebelum ada tindakan proses pembelajaran agar tindakan/usaha yang dilakukan berhasil dan berkualitas. Kompetensi pedagogik ini merupakan kewajiban pendidik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Dalam UURI tersebut khususnya pasal 20 ayat (a) disebutkan bahwa “dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan menge

Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur

JUDUL BUKU Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur PENULIS   Dr. Syamsul Arifin Prof. Aulia Siti Aisjah SAMPUL DEPAN SAMPUL BELAKANG KATA PENGANTAR Buku kecil ini adalah catatan yang saya buat selama kurang lebih satu tahun, sebagai refleksi rasa kecemasan, kekhawatiran dan keingintahuan dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi panggilan Allah SWT. untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, yang telah saya laksanakan bersama istri pada musim haji tahun 1426 H / 2006 M dan tahun 1436H / 2015 M. Saya sadar betul bahwa melaksanakan ibadah haji adalah sebuah perjuangan yang harus dibekali dengan taqwa, ilmu, serta harta, semata untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Saya yakin di Rumah Allah (Baitullah) ini, banyak sekali pengunjung, yang berbeda bangsa, berbeda budaya dan dengan segala macam kepentingannya, maka tidak menutup kemungkinan saling berbenturan kepentingan, bahkan saya yakin setan dan iblis pun bergentayangan di sekitarnya, dan berusaha