Langsung ke konten utama

Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur

JUDUL BUKU
Sukses Ibadah Haji & Umroh: Pembelajaran Menangkap Hikmah & Menggapai Mabrur

PENULIS 

Dr. Syamsul Arifin

Prof. Aulia Siti Aisjah


SAMPUL DEPAN


SAMPUL BELAKANG


KATA PENGANTAR

Buku kecil ini adalah catatan yang saya buat selama kurang lebih satu tahun, sebagai refleksi rasa kecemasan, kekhawatiran dan keingintahuan dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi panggilan Allah SWT. untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, yang telah saya laksanakan bersama istri pada musim haji tahun 1426 H / 2006 M dan tahun 1436H / 2015 M. Saya sadar betul bahwa melaksanakan ibadah haji adalah sebuah perjuangan yang harus dibekali dengan taqwa, ilmu, serta harta, semata untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Saya yakin di Rumah Allah (Baitullah) ini, banyak sekali pengunjung, yang berbeda bangsa, berbeda budaya dan dengan segala macam kepentingannya, maka tidak menutup kemungkinan saling berbenturan kepentingan, bahkan saya yakin setan dan iblis pun bergentayangan di sekitarnya, dan berusaha keras menggoda pengunjung dengan segala tipu muslihatnya, dari mulai yang paling halus sampai yang paling kasar sekalipun. Maka saya merasa perlu mempunyai ”bekal”, sebagai mana jamaah yang lain, dan bekal itu harus cukup, firman Allah SWT, ”Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa. Bertaqwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang berakal.” dari ayat tersebut di atas saya pahami bahwa bekal yang cukup itu tidak lain adalah bekal taqwa yang didasari dengan ilmu.

ISBN: 978-602-50356-2-3

PENERBIT: Al-Maidah Press

HARGA: Rp. 15.000 (eBook PDF)

DAFTAR ISI

MUQADDIMAH

PUISI HAJI

DAFTAR ISI

RENCANA HARIAN IBADAH UMRAH DAN HAJI

1 Perjalanan Haji Rasulullah

1.1 Rasulullah Berniat Ihram

1.2 Rasulullah Melaksanakan Thawaf Qudum

1.3 Rasulullah Melaksanakan Sa’i

1.4 Khutbah Nabi tentang Haji Tammattu dan Haji Qiran

1.5 Rasulullah dan Jamaah Menuju ke Mina dan Namirah

1.6 Khutbah Rasulullah di ’Uranah dekat Arafah

1.7 Rasulullah Wuquf di Arafah

1.8 Mabit di Muzdalifah

1.9 Melontar Jumrah Aqabah (Al-Kubra)

1.10 Menyembelih Binatang Hadyu

1.11 Menuju Makkah Untuk Thawaf Ifadhah

1.12 Hari Tasyriq

2 Manasik Haji dan Umrah

2.1 Syarat, Rukun & Wajib Haji

2.2 Ihram

2.3 Wuquf di Arafah

2.4 Thawaf

2.5 Sa’i

2.6 Tahallul

2.7 Mabit

2.8 Lontar Jumrah

2.9 Macam Ibadah Haji

2.10 Persiapan Haji & Umrah

2.11 Membuat Jadwal Kegiatan Ibadah Haji

2.12 Catatan Penting Yang Perlu Diketahui Dalam Ibadah Haji

3 Perjalanan Haji dan Umroh

3.1 Keberangkatan Jamaah Haji

3.2 Asrama Haji Embarkasi

3.3 Bandara Udara Embarkasi

3.4 Bandar Udara King Abdul Aziz

3.5 Kegiatan di Madinah

3.6 Kegiatan Umrah

3.7 Kegiatan Hari-Hari Ibadah Haji

3.8 Tempat Mustajab untuk Berdoa

3.9 Haji Mabrur

4 Pembelajaran Menggapai Hikmah Ibadah Haji & Umrah

4.1 Hikmah Ibadah Haji & Umrah

4.2 Drama Kolosal Manusia Haji

4.3 Ibadah Haji & Pembelajaran Hikmah

5 TEMPAT-TEMPAT ZIARAH

5.1 Di Makkah

5.2 Di Madinah

Daftar Pustaka

Daftar Istilah

Daftar Index



TENTANG PENULIS

Syamsul Arifin, terlahir pada tanggal 7 September 1963 di kota Mojokerto, Jawa Timur. Dibesarkan dilingkungan kelu¬ar¬ga guru yang sangat akrab dengan berbagai literatur, baik berupa buku, majalah maupun kitab-kitab keagama¬an. Studi SD, SMP, SMA dilalui di kota Surabaya. Pada saat duduk di kelas 2 SMA, dia telah berhasil membukukan kumpulan puisi-puisi karya tulisnya yang pada saat itu terpilih sebagai kumpulan puisi terbaik se-SMA Surabaya.

Tahun 1988 telah menamatkan pendidikan S1 di Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS Surabaya. Sejak tahun 1989 menjadi dosen tetap di almamaternya tersebut. Tahun 1996 beliau menyelesaikan S2 dalam bidang Nuclear Engineering, dengan option Instrumenta¬tion & Artificial Intelligence di ITB. Pada tahun 2005 ditakdirkan oleh Allah SWT untuk memenuhi panggilan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri. Pada suatu saat beliau berdoa di Mehrab Tahajjud di belakang rumah Nabi Muhammad SAW, yang letaknya persis di depan Ashab al-Suffa Masjid Nabawi - Madinah, agar Allah SWT selalu memberikan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang. Alhamdulillah pada tanggal 5 September 2015, sepuluh tahun berikutnya, beliau ditakdirkan oleh Allah SWT berdiri dan berdoa di tempat yang sama, di Mihrab Tahajjud dalam menunaikan ibadah haji yang kedua, dan pada tgl tersebut bertepatan dengan hari wisuda kelulusan beliau dalam menempuh Program Doktoral Educational Technology di UM Malang. Sebuah karunia Allah SWT yang luar biasa. Sampai hari ini beliau aktif menulis buku, mengikuti conference dan publikasi journal ilmiah, serta memberikan workshop dan pelatihan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beliau sampai hari ini juga masih sebagai staf ahli bidang pembelajaran dan kurikulum pendidikan tinggi di Direktorat Pembelajaran, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Aulia Siti Aisjah, lahir di Magetan 16 Januari 1966, pendidikan SD, SMP, dan SMA di Magetan. Program Sarjana Teknik Fisika ITS diselesaikan pada tahun 1988, selanjutnya beliau melanjutkan program magister Teknik Elektro ITS lulus tahun 1996. Beliau melaksanakan ibadah haji yang pertama pada Tahun 2005, dan dua tahun berikutnya, tahun 2017 beliau lulus dari Program Doktor Teknik Perkapalan. Selain aktif mengajar di Jurusan Teknik Fisika ITS, beliau juga aktif memberikan pelatihan dan workshop pendidikan dan pembelajaran di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beliau juga menjadi narasumber dan pembicara utama di berbagai acara seminar dan diskusi baik nasional maupun internasional dalam bidang teknik fisika, pendidikan dan pembelajaran. Setelah pada tahun 2010 beliau melaksanakan ibadah Umrah bersama keluarga, alhamdulillah dan pada tahun 2015 Allah SWT menakdirkan beliau dapat menunaikan ibadah haji yang kedua berangkat dengan kloter 21 dari embarkasi Surabaya. Sepulang menunaikan ibadah haji yang kedua, tepatnya pada tgl 7 September 2016 beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar perempuan pertama di Indonesia dalam bidang ilmu Teknik Fisika di ITS Surabaya. Disela-sela tugas sebagai guru besar di ITS beliau beraktifitas: mengajar, penelitian, menulis buku, publikasi dan memenuhi undangan beberapa perguruan tinggi, beliau juga masih menyempatkan untuk mengikuti kegiatan kajian-kajian Al-Quran bersama kelompok kajian ibu-ibu di lingkungan kota Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual

JUDUL BUKU Praktikum di Rumah Saja: Sistem Pengaturan Digital Berbasis Plant Virtual PENULIS   Yusuf Bilfaqih Abdullah Alkaff Rusdhianto Effendi A.K. Mochamad Sahal Zulkifli Hidayat Nurlita Gamayanti SAMPUL DEPAN KATA PENGANTAR Laboratorium Teknik Pengaturan memfasilitasi Praktikum dari Rumah melalui pengembangan Eksperimen Berjarak dengan memanfaatkan teknologi IoT (internet of things). Saat Praktikum dari Rumah, mahasiswa dapat melakukan eksperimen menggunakan Plant Real yang ada di Laboratorium. Sementara itu, Praktikum di Rumah difasilitasi oleh Laboratorium Sistem dan Sibernetika melalui pengembangan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual. Langkah awalnya adalah membuat Plant Virtual dari Plant Real yang ada di laboratorium dan di industri. Kemudian, dikembangkan simulasi dan eksperimen berbasis Plant Virtual tersebut. Jadi, saat Praktikum di Rumah, mahasiswa dapat melakukan simulasi dan eksperimen tidak hanya pada Plant yang ada di Laboratorium namun juga beragam Plant ya

Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning

JUDUL BUKU Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran dan Pendekatan Student Centered Learning PENULIS Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. SAMPUL DEPAN ABSTRAK Filosofi kami “Sekecil apa pun keberhasilan yang dicapai oleh peserta didik, harus dihargai karena setiap peserta didik kompetensinya tidak sama.” Buku ini disusun dalam rangka memberikan bahan ajar kepada mahasiswa atau bahan pengayaan bagi pendidik yang ingin meng-update/mereviuw kompetensi pedagogiknya. Perencanaan pembelajaran adalah aktivitas yang harus dilaksanakan/disiapkan sebelum ada tindakan proses pembelajaran agar tindakan/usaha yang dilakukan berhasil dan berkualitas. Kompetensi pedagogik ini merupakan kewajiban pendidik sesuai Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Dalam UURI tersebut khususnya pasal 20 ayat (a) disebutkan bahwa “dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan menge